RSS

Memperbaiki Flashdisk USB device not recognized



   Munculnya notifikasi USB device not recognized saat kita mencolokkan Flashdisk ke laptop atau PC, bisa di sebabkan 2 hal yaitu karena ada masalah pada Software dan masalah pada Hardware, pada posting sebelumnya kita sudah membahas cara memperbaiki Flashdisk USB device not recognized secara Software silakan baca disini. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara memperbaikinya secara hardware, berikut langkah-langkahnya:
Langkah 1
Buka casing flashdisk dengan hati-hati menggunakan pisau cutter atau obeng kecil. 
How To Repair USB Flash Drive and troiubleshooting

Langkah 2
 Keluarkan papan sirkuit flashdisk
How To Repair USB Flash Drive and troiubleshooting
Langkah 3
Periksa fisik flashdisk apakah ada kerusakan atau ada komponen yang patah/longgar, gunakan kaca pembesar agar terlihat lebih jelas.

How To Repair USB Flash Drive and servicing
Langkah 4
Solder kembali bagian connector USB lihat gambar, setelah di solder kemudian tes dengan mencolokkannya ke komputer, apabila masih bermasalah kita lanjutkan langkah berikutnya.

How To Repair USB Flash Drive and service
Langkah 5
Resolder semua komponen sekitar connector dan controller chip (lihat gambar bawah).
How To troubleshoot USB Flash Drive
Langkah 6
Resolder Osilator kristal 12Mhz (lihat gambar bawah) kemudian colokkan lagi flashdisk ke komputer, pada tahap ini biasanya sudah berhasil.How To troubleshoot USB Flash Drive
   Namun apabila masih belum berhasil coba ganti osilator kristal 12Mhz, bisa memakai osilator kristal dari USB Card Reader, USB Drive, dll. walaupun bentuknya berbeda asal tegangannya sekitar 12Mhz dan buat sambungannya seperti dibawah ini.

  Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu memperbaiki flashdisk sobat, dan terimakasih atas kunjungannya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Poskan Komentar